Cari Blog Ini

Kamis, 30 Desember 2010

RPP FISIKA KALOR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMPN 1 Baureno
Mata Pelajaran : IPA/Fisika
Kelas/Semester : VII/1

Standar Kompetensi :
3. Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar :
3.4. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhun suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :
- Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda dan perubahan wujud zat
- Menyelidiki faktor-faktor yang mempercepat penguapan
- Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
- Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
- Menerapkan hubungan Q = m.c. t , Q = m .U dan Q = m.L untuk menyelesaikan masalah sederhana
alokasi waktu : 6 JP (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian kalor
2. Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
3. Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat
4. Menemukan hubungan yang menyatakan banyaknya kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu zat
5. Menjelaskan pengertian kalor lebur dan kalor uap
6. Menyelesaikan masalah sederhana dengan menggunakan persamaan Q = m.c. t , Q = m .U dan Q = m.L

B. Materi Pembelajaran : Suhu dan Kalor

C. Model Pembelajaran : Direct Interaction, Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : Eksperimen, Pengamatan, Diskusi Informasi

D. Langkah-langkah
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan
* Motivasi dan apersepsi
- Mengapa api dapat digunakan untuk memasak air?
* Prasyarat Pengetahuan
- Suhu
b. Kegiatan Inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Guru dan peserta didik mendiskusikan pengertian kalor dan pengaruh kalor terhadap suatu benda
• Guru memberikan lembar kegiatan siswa kepada masing-masing kelompok
• Masing-masing kelompok melakukan percobaan sederhana tentang faktor-faktor yang mempercepat penguapan
• Peserta didik menuliskan hasil percobaannya di LKS
• Peserta didik mendiskusikan dan mengkomunikasikan secara berkelompok


c. Kegiatan Penutup
• Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan
• Guru memberikan tes secara lisan tentang pengaruh kalor terhadap suatu benda dan faktor-faktor yang mempercepat penguapan

2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
* Motivasi dan apersepsi
• Mengapa ketika memasak air yang banyak diperlukan pula api yang besar?
* Prasyarat Pengetahuan
• Pengertian kalor
b. Kegiatan Inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Secara berkelompok siswa melakukan percobaan tentang hubungan kuantitatif kalor, massa dan kenaikan suhu suatu zat
• Siswa menuliskan hasil percobaannya di LKS dan berdiskusi dfengan kelompok lain
• Guru menjelaskan tentang kalor lebur dan kalor uap
c. Kegiatan Penutup
• Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
• Guru memberikan tes pemahaman materi tentang hubungan kalor, massa dan kenaikan suhu suatu benda.
3. Pertemuan kedua
a. Pendahuluan
* Motivasi dan apersepsi
• Dapatkah kamu menghitung berapa besar kalor yang diperlukan untuk mendidihkan 1 Kg air ?
* Prasyarat Pengetahuan
• Pengertian kalor

b. Kegiatan Inti
• Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
• Guru memberikan masalah kepada siswa tentang penerapan persamaan Q = m.c. t , Q = m .U dan Q = m.L
• Siswa menyelesaikan masalah dengan kelompoknya
• Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas dan guru mengarahkan diskusi.
c. Kegiatan Penutup
• Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
• Guru memberikan tugas rumah

E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS
3. Buku Referensi
4. Alat-alat laboratorium

F. Penilaian hasil belajar
1. Teknik Penilain
- Tes tertulis
- Observasi

2. Bentuk Instrumen
• Tes Isian dan lembar observasi


3. Contoh Instrumen
• Tes Isian
Salah satu cara mempercepat penguapan yaitu dengan ?
kunci : memperluas permukaan
skor : 1
• Lembar Observasi
Lakukan kegiatan observasi /pengamatan terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat
Rubrik
No Aspek Skor
1 Ketepatan pengamatan 4
2 Memperoleh data dari kegiatan 4
Jumlah skor 8



Guru Mata Pelajaran,



(Arif Sulistiawan, S.Pd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar